Solusi Driver Wireless dan USB Tidak Terbaca di Acer E5-473G Windows 7 64 bit


Sekitar jam 08.30 pagi Saya dipanggil user bagian PGASOL, Beliau laptopnya tidak bisa internet. Saya cek buka google muncul tulisan user password expired, akhirnya Saya coba restart komputer dan ketika menginput password muncul notifikasi untuk segera mengganti password login. Saya pun langsung mengetikan password yang baru sesuai dengan yang user inginkan.

Setelah password berhasil diganti akhirnya laptop bisa buka internet kembali, Alhamdulillah ya....
Ketika Saya hendak keluar ruangan tiba-tiba dipanggil driver pgasol, sebut saja namanya Pak Dino. Saya dipanggil beliau, "Mas laptop anak Saya upgrade sendiri jadi windows 10, lemot banget. Bisa gak diganti windows 7 ?", tanya beliau begitu. "Bisa pak, bawa saja laptopnya ke sini", kata saya.

Besoknya dia membawa laptop anaknya dan menyerahkan kepada Saya di ruangan. Saya cek laptopnya merek Acer type E5-473G, Saya nyalakan laptopnya dan benar saja sudah menggunakan windows 10. Tanpa berfikir panjang Sayapun langsung membackup data di laptop tersebut ke drive D.

Setelah data di desktop, download, my document, picture dan music sudah saya backup ke drive D, Saya merestart laptopnya dan mencolokan flashdisk yang di dalamnya sudah Saya pasang windows 7, singkat cerita proses installasi windows 7 sudah selesai.

Setelah windows 7 berhasil terinstall, jurus andalan Saya selanjutnya yaitu menginstall driver-driver menggunakan driver pack versi 15, Saya jalankan driver packnya dan driver pack mulai menscan driver-driver di laptop yang belum terinstall. Setelah proses installasi driver selesai kemudian Saya cek driver pack belum mendeteksi driver wireless dan USB 3 sehingga wireless dan port USB 3 belum bisa digunakan.

Di sini Saya mulai resah, biasanya dengan driver pack semua driver di laptop langsung terdeteksi dan terinstall otomatis, ini kok enggak. Saya coba download drivernya dari situs acer nya langsung, ketika saya mau download ternyata laptop acer type E5-473G ini hanya support untuk windows 8 dan windows 10, waduh tambah mumet Saya.

Saya mencoba browsing di mbah google driver untuk windows 7 acer E5 ini, semuanya hanya untuk windows 8 dan windows 10. Sampe akhirnya Saya menemukan sebuah blog yang kasusnya sama dengan Saya driver wireless dan USB nya tidak terbaca, langsung saja Saya buka blognya dan Saya baca-baca artikelnya, ternyata Acer E5 drivernya bisa terbaca di windows 7, tapi install drivernya menggunakan driverpack versi 17.

Melihat artikel tersebut Sayapun semangat dan langsung saja mendownload driverpack versi 17, setelah menemukan driverpack 17 Saya kaget ternyata sizenya 15GB, gede banget ya. hehe. Langsung saja Saya memakai internet punya PGASOL untuk mendownload driverpack  tersebut, lumayan juga proses downloadnya hampir 4 jam (maklum speed internetnya hanya 20MB).

Setelah terdownload saya langsung pindahkan driverpack tersebut ke hardisk external, saya colokan hardisk externalnya ke laptop acer dan mulailah Saya menginstall driverpack. Seperti biasa driverpack mulai menscan driver-driver di laptop yang belum terdeteksi, kali ini scannya agak lama, mungkin karena versinya tinggi kali ya, hehe.

Setela proses scan selesai langsung saja saya klik update all driver dan proses install driver pun berjalan kurang lebih 20 menit, tunggu saja prosesnya sampai selesai. Setelah selesai update drivernya jangan lupa untuk merestart komputer supaya hasilnya maksimal. Dan ketika laptop sudah restart Alhamdulillah driver wireless dan USB 3 nya terdeteksi, saya coba colokan flashdisk ke port USB 3 dan flashdisk terdeteksi.

Sekian pengalaman dari Saya, sampai jumpa pada artikel selanjutnya, termakasih.

0 Response to Solusi Driver Wireless dan USB Tidak Terbaca di Acer E5-473G Windows 7 64 bit

Posting Komentar